Pembukaan Mental & Character Building (MCB) Training 2017


Pembukaan Mental & Character Building (MCB) Training 2017

DSC_8467Mediterranean Bali tahun ini kembali menggelar kegiatan Mental and Character Building (MCB) tahun akademik 2017/2018. Mengangkat tema melalui mental dan character building 2017, kita kembangkan soft skill mahasiswa dalam upaya pembentukan karakter mahasiswa yang siap bersaing di dunia hospitality baik nasional maupun internasional, kegiatan MCB Training Mediterranean Bali ini dibuka pada Senin (10 Juli 2017) kemarin bertempat di hotel Nikki Denpasar. Pembukaan Mental Charcter and Building (MCB) kampus Mediterranean Bali tahun akdemik 2017/2018 ditandai dengan pemukulan gong oleh Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali, Dewa Putu sunartha disertai dengan penyematan atribut MCB yang dikuti para para mahasiswa peserta lainnya. ‎

Komang Trisnadewi selaku ketua panitia kegiatan ini mengatakan pembukaan MCB Training ini diikuti sebanyak 837 orang mahasiswa baru Mediterranean Bali dari 4 kampus yang ada di Bali. Menurutnya MCB Training 2017 ini merupakan program wajib bagi mahasiwa mahasiswi baru Mediterranean Bali sebelum dimulainya perkuliahan, sehingga mahasiswa akan siap bersaing di dunia hospitality, baik nasional maupun internasional. “Diharapkan setelah lulus MCB ini, mereka akan siap untuk menerima ilmu pada saat perkuliahan dan nantinya setelah lulus kuliah mereka pun akan siap bersaing di dunia hospitality”, ujar Trisnadewi.

DSC_8448Sementara itu, Direktur Utama Mediterranean Bali, Anak Agung Gede Abdiarta yang kerap disapa Gung Abdi menegaskan bahwa‎ seluruh mahasiswa Mediterranean Bali ini akan dididik menjadi tenaga kerja yang berkompeten di bidangnya masing-masing, sehingga kemampuan para lulusannya untuk memenangkan persaingan tenaga kerja di dalam maupun diluar negeri baik di tingkat nasional dan internasional tidak perlu diragukan lagi. Hampir ribuan alumni lulusan Mediterranean Bali sudah langsung disalurkan bekerja di kapal pesiar melalui agent CTI Bali. Selain itu pencapaian prestasi gemilang dibuktikan dengan berhasilnya mahasiswa Mediterranen Bali meraih juara di ajang Asean Skill Competition (ACS) 2017 mewakili Indonesia di tingkat Asean.‎ “Terbukti mahasiswa Mediterranean Bali sudah dua kali berturut turut pada ajang Asean Skill Competition mewakili provinsi Bali, bahkan tahun 2016 lalu telah mewakili Indonesia di tingkat Asean dan tahun ini kembali terpilih untuk mewakili Bali. Tentunya hal ini menunjukkan kualitas dan kemampuan dari mahasiswa lulusan Mediterranean Bali termasuk instruktur yang terlibat benar benar profesional karena telah berhasil melatih mahasiswanya meraih prestasi. Hal ini tentu membuat karir alumni Mediterranean Bali semakin cemerlang dimana pun mereka bekerja akan nantinya”, terang Gung Abdi.

Dijelaskan lebih lanjut, Mediterranean Bali dalam mendidik mahasiswanya telah mengimplementasikan Asean kurikulum sejak tahun 2014 lalu. Hal itulah yang menyebabkan di tahun 2017 ini Mediterranean Bali memborong piala kejuaraan ACS 2017. “Di bidang Culinary kita mendapat juara 1 dan 2 untuk tingkat provinsi Bali dan di bidang FB Service yang kali pertama diikuti mahasiswa Mediterranean Bali meraih juara 3. Jadi ini suatu hal yang sangat menggembirakan bagi kami dan kami pun sangat mengapresiasi seluruh instruktur dan instansi terkait yang telah membantu lembaga Mediterranean Bali”, terangnya.

Pelaksanaan MCB training Mediterranean Bali tahun ini diakui berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya. Dengan inovasi yang dilakukan sejak 2 tahun yang lalu, maka MCB tahun ini tidak lagi mengharuskan calon mahasiswa menggunakan atribut serta tugas yang aneh-aneh dan tidak ada hubunganya dengan pembelajaran ataupun perkulihan. “MCB kali ini menekankan pada pemahaman dan pengimplementasian dari attitude dan sikap mental yang positif diisi dengan sharing dan motivasi dari beberapa lembaga terkait, baik dari asosiasi pariwisata yang mana semua itu diperlukan dalam rangka untuk mengembangkan wawasan seluruh mahasiswa-mahasiswi Mediterranean Bali. Selain itu MCB kali ini dilengkapi dengan proses perkuliahan, tata tertib kampus serta tugas-tugas yang menunjang karir di bidang hospitality serta hal yang berkaitan dengan problem solving, critical thinking, time manajemen, tim player serta soft skill lainnya”, jelas Gung Abdi.
‎‎
Sementara itu Board of CTI Bali, I Wayan Sulendra yang hadir dalam kegiatan MCB Training mengatakan sejak Mediterrnean Bali berdiri pihaknya senantiasa mengirimkan para lulusan kampus ini bekerja di kapal pesiar. “Kami sebagai satu kesatuan dengan kampus Mediterranean Bali senantiasa bekerja sama dimana Mediterranean Bali sebagai pencetak tenaga kerja sementara kami dari CTI group Bali sebagai penyalur tenaga kerja bekerja di kapal pesiar. Sejak kampus Mediterranean Bali berdiri sampai sekarang berkembang menjadi 4 kampus, CTI Bali telah memberangkatkan ribuan mahasiswa lulusan Mediterranean Bali”, jelas Sulendra.

DSC_8501Dalam pembukaan kegiatan MCB Training ini diisi dengan penyerahan penghargaan kepada pemenang seleksi daerah untuk Asean Skills Competition (ACS) 2017 di bidang Cooking/Culinary dan bidang Restaurant and Service didampingi para instruktur. Penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa program studi FB Service dan Housekeeping sebagai peraih Best Training di hotel berbintang selama periode training. Ratusan calon mahasiswa peserta MCB Training Mediterranean Bali dalam kesempatan ini pula mendapat motivasi dan presentasi hospitality dari CTI Group Bali serta dari Director Talent and Culture. Usai dibuka kegiatan MCB akan dilanjutkan di masing-masing kampus Mediterranean Bali hingga Sabtu 15 Juli depan. (buleta)

 

DSC_8630 copy